“Soul-Less” Single Ketiga Arya Novanda Tentang Soul-Feeding dan Love-Making bercerita tentang Jiwa manusia

Piye kabarmu dulur dewe? Sek apik kan, sehat? Mugi-mugi sek sehat. Weradio kembali hadir menyapa dulur dewe dengan rubric press release tentang lagu seng anyar-anyar nde perindustrian musik tanah air. Weradio berusaha sedikit mengkorek-korek informasi tentang musisi seng iso dibilang anyar iso dibilang lawas soale wes nduwe beberapa single. Musisi itu adalah Arya Novanda, baru berusia 22 tahun lur. Arya Novanda lebih bergenre Blues dan rock. Tidak banyak musisi rock yang bermain di genre blues di tanah air. Nama-nama lama seperti Gugun & Blues Shelter serta Adrian Adioetomo hanya segelintir musisi blues yang masih eksis sampai sekarang. Kesan itu lagi itu lagi selalu jadi hal yang sama. Mungkin karena musik blues rock memang memerlukan skill yang mumpuni untuk bisa bereksplorasi terutama pada permainan lead guitar. Perpaduan rock, jazz dan funk memang bukan perkara yang mudah dalam musik blues.

              Arya Novanda kali ini mengeluarkan single terbarunya berjudul SOUL-LESS. Opo iku SOUL-LESS? Lek dibahasa Indonesia no artine kekurangan jiwa opo gak  nduwe jiwa. Kenapa Arya mengangkat judul ini? Arya berkata “Soul itu penting di hidup. Cuma sedikit orang yang peduli dan ‘punya’ soul saat ini. Ini bukan soal akal”. Jadi, pesan yang hendak disampaikan Arya melalui lagunya ini adalah manusia tetap memerlukan “soul” dalam hidupnya untuk tetap bergairah dan semangat dalam hidup. Jikalau kehilangan soul pasti seseorang akan menjadi seorang yang abstrak, tidak jelas. “Sayang sekali manusia mayoritas saat ini tidak ‘hidup sepenuhnya hidup’ dan gak mau mengenal dirinya. Jiwa nya kosong, gak di-asah. Gak percaya sama diri sendiri. Gak ber-makna. Ini pengaruh nya sangat luas dan kuat untuk ‘diri’ manusia. Mayoritas gak sadar masalah ini, saya harus speak up untuk dunia yang lebih baik. Love is strong. Life is funky. Feed your soul. Be present. Don’t rush. Take your time. Get to know yourself. Music is all around you. L-I-V-E and make L-O-V-E”, tutur penggemar Jimi Hendrix ini.

              Sebuah fakta yang unik mengatakan bahwa Arya merekam solo blues gitar lagu “SOUL-LESS” di dalam kamar mandi untuk mendapatkan karakter sound solo gitar yang dia mau. Lagu ini di mixing dan di mastering di Soup Studios di London. Bayangno lur rekaman nde kamar mandi antimasinstream kan musisi iki. Arya mempunyai harapan besar kedepannya Soul Less ini bisa diterima oleh banyak penikmat musik, tentunya itu semua tidak terwujud tanpa dukungan oleh teman teman media yang kami hormati.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *