NGELINGI HARI KOPERASI SEJAGAT RAYA SABEN SABTU PERTAMA BULAN JULI

Pranala (tautan) ica.coop dan un.org menyebutkan bahwa hari Sabtu pertama di bulan Juli tahun 1955 adalah Hari Koperasi Internasional, menandai peringatan 100 tahun pembentukan International Cooperative Alliance (ICA) sejak terbentuk di London-Inggris pada 19 Agustus 1895. ICA menyerukan kesadaran berbisnis yang digerakkan oleh nilai-nilai di dalam jantung bisnisnya – bukan hanya laba, untuk menerapkan prinsip keadilan sosial dan kesetaraan dalam setiap aspek bisnisnya, demi menciptakan “iklim” perusahaan yang kondusif dan berkesinambungan dalam jangka waktu panjang. Jadi Lur, pebisnis bermartabat ini sudah mempropagandakan nilai-nilai positif diluar profit sejak lebih dari 1 abad yang lalu. Mengapa yang baik nggak kita tiru?

Perubahan iklim adalah permasalahan jagat raya, mulai dari efek global “rumah kaca” yang bertanggung jawab terhadap perubahan ekstrem temperatur bumi, perubahan pola cuaca ekstrem yang mengancam produksi pangan global, hingga gletser mencair yang menyebabkan naiknya permukaan laut beserta probalitas terlepasnya patogen ke lingkungan. Info ya Lur… Patogen adalah mikroorganisme parasit penyebab bakteri maupun virus yang bertanggung jawab terhadap penyakit pada mahluk hidup mulai dari tumbuhan, hewan, hingga manusia. Jadi apa dong yang ingin disampaikan pada perayaan Hari Koperasi Internasional yang jatuh pada hari Sabtu, 4 Juli 2020 ini?

Uirevi – serikat koperasi di Pantai Gading menciptakan “kemasyarakatan hutan” yang memberdayakan penduduk lokal untuk memulihkan 1/3 dampak penggundulan hutan. Rede CataSampa – jaringan koperasi dan asosiasi pekerja di Brasil mengurangi volume hingga 500 ribu kilogram sampah per bulan dengan mengubah sampah menjadi biodiesel dan produk bermanfaat lainnya. Koperasi-koperasi di Swedia meningkatkan efisiensi energi dan pengurangan konsumsi energi dalam operasional produksinya sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 52%. Hasil gemilang sekian koperasi ini masih belum cukup menjawab konsekuensi yang tidak dapat diubah jika kita semua tidak bertindak. Tahun 2020 ini ICA fokus pada kontribusi koperasi dalam memerangi perubahan iklim untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tentang aksi iklim. Cekidot aksi ICA di pranala ica.coop dan akun sosial media FB dan Twitter @icacoop dengan #Coops4ClimateAction. WeMedia ucapkan selamat Hari Koperasi Sejagat Raya!

 

References link for Pictures:

https://www.ica.coop/en/cooperatives/history-cooperative-movement

https://www.un.org/en/observances/cooperatives-day

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *