HARI ASTEROID SEJAGAT RAYA

Mungkin ngga terlalu familiar, namun Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2016 menetapkan tanggal 30 Juni sebagai Hari Asteroid Internasional nih Lur… Hantaman mega benda yang diduga Asteroid dengan perkiraan dimensi lebar 10 kilometer secara universal dianggap bertanggung jawab atas punahnya sebagian besar dinosaurus. Sepuluh kilometer itu kurang lebih setara dengan 2x luas Pulau Bali lho Lur… Bisa bayangin gedenya kan? Disebut dalam pranala (tautan) asteroid.org definisi Asteroid adalah “serpihan” kelahiran planet di sistem tata surya dan kebanyakan serpihan adalah “protoplanet” seukuran bulan atau lebih besar, yang dalam gravitasinya saling tarik-menarik dan bertabrakan.

Peristiwa Siberia Tunguska – Rusia adalah hantaman asteroid “kecil” yang dampaknya terekam dalam sejarah tanggal 30 Juni 1908, diperkirakan berhasil “meratakan” 80 juta pohon di hutan seluas 2.150 km persegi. Peristiwa ini menginisiasi Dr. Brian May – astrofisikawan sekaligus pemain gitar grup rock Queen, Rusty Schweickart – astronot Apollo 9, dan Danica Remy – pembuat film Grig Richters sekaligus Presiden Yayasan B612, untuk mengedukasi semua orang termasuk dulur dewe tentang vitalnya Asteroid dalam sejarah dan kelangsungan hidup umat manusia. Setiap tahunnya, Hari Asteroid mempublikasi gambaran penelitian eksplorasi Asteroid sebagai individu dengan kisahnya sendiri, dan update misi luar angkasa yang paling ambisius: termasuk wacana “batu loncatan” Bumi ke Mars; dan penabrakan instrumen ruang angkasa seberat setengah ton ke asteroid berukuran minimal 150 meter yang diperkirakan akan menabrak Bumi.

Di tahun 2020 ini Hari Asteroid Sejagat Raya ke-6 dirayakan dalam jaringan secara langsung dari siaran satelit Luxembourg. Diskusi panel, presentasi, wawancara, dan sesi tanya-jawab bersama para astronot dan pakar dunia diharapkan mengedukasi audiens seluas mungkin. Tengok kanal resmi sosial media Facebok, Twitter, dan Instagram @asteroidday maupun melalui official website asteroid.org. Selamat Hari Asteroid Sejagat Raya Lur!

 

Referensi gambar:

https://spaceoneers.io/events/asteroid-day-2020/

https://www.nationalgeographic.com/science/2019/09/last-day-dinosaurs-reign-captured-stunning-detail/

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *